Alasan Mulai Ngeblog #BPNRamadan2021


Kenapa mulai ngeblog? karena saya selalu "iri" dengan orang yang menulis. Bagi saya orang yang menulis, baik di blog, buku, jurnal itu keren. Saya selalu kagum, darimana para penulis dapat idenya, bagaimana mereka meramunya menjadi tulisan yang saat membacanya dapat menarik perhatian, seperti disihir untuk membaca terus menerus. Saya takjub dengan perjanan mereka menulis, ada yang research dulu, ada yang membuat disain di blog tersebut benar-benar terencana. Bagi saya yang informasi dari tulisan masih saya butuhkan, masih saya cari.

Menulis itu tentunya ga gampang, baik menulis fiksi ataupun non fiksi. Cara orang bercerita juga beda-beda kan. Seperti halnya kita membaca paragraf pertama suatu novel, kalau menarik, ada rasa percaya dalam diri bahwa paragraf berikutnya atau bab berikutnya "pasti menarik".

Menulis ibaratnya meninggalkan jejak, apalagi bila menulis di blog, meninggalkan jejak digital. Yang kapanpun dimanapun dapat dibaca, dapat dicari kembali. Jadai penting untuk menulis sesuatu yang bermanfaat, yang memiliki nilai positif, seminimal mungkin adalah untuk diri sendiri.

Menulis bagi saya juga sebagai sarana berbagi saat saya mempelajari sesuatu. Tulisan awal saya di blog ini merupakan hal yang saya pelajari untuk kebutuhan tesis saya. Menurut saya, isi tulisan tersebut bisa juga bermanfaat  untuk orang lain yang juga lagi menulis skripsi atau tesis. 

 

0 komentar: