Jurnal: Program Peningkatan kemampuan Perawatan Diri dan Hidup Mandiri pada Pasien Skizofrenia



Judul: Program Peningkatan kemampuan Perawatan Diri dan Hidup Mandiri pada Pasien Skizofrenia

Penulis: dr. Mutiara Anissa, Sp.KJ

Jurnal : Jurnal Kedokteran Baiturrahmah
ISSN : (JKB) 2407-358X, Periode Juli-Desember 2016

Dokter Mutiara merupakan seorang psikiater dan juga dosen di fakultas Baiturrahmah. Dokter ramah yang memiliki senyum manis ini aktif memberikan penyuluhan mengenai kesehatan jiwa ataupun mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba. Dokter Mutiara aktif di kegiatan kampus baik sebagai KOC, Ketua Komite Etik Penelitian di FK Universitas Baiturrahmah, dan tentunya sebagai klinisi di rumah sakit Kota Padang.

Tentunya sebagai dosen, dokter Mutiara aktif menulis dan mengikuti seminar-seminar nasional dan internasional. Dokter Mutiara berbaik hati untuk membagikan abstrak dan full papernya. berikut abstraknya:


Program Peningkatan kemampuan Perawatan Diri dan Hidup Mandiri pada Pasien Skizofrenia

Abstrak

Skizofrenia merupakan gangguan psikotik berat dengan prevalensi 1% dari populasi dunia. Pasien skizofrenia mengalami gejala positif, gejala negatif dan defisit kognitif. Gejal negatif dan defisit kognitif ini cenderung menetap selama perjalanan penyakit skizofrenia yang pada akhirnya mempengaruhi bidang sosial, pekerjaan dan perawatan diri pasien. Tinjauan pustaka ini membahas tentang upaya meningkatkan kemampuan perawatan diri dan kemandirian pada pasien skizofreniaa. Untuk mencapai tujuan tersebut penulis mengumpulkan data dari 11 jurnal dan 5 textbook pada tahun 1997-20112 dengan kata kunci self care, independent living skills dan schizophrenia. Telah banyaak penelitian yang menunjukkan efikasi dan efektivitas keterampilan pelatihan sosial untuk memperbaiki fungsi sosial pasien. PAda 80% pasien skizofrenia kronis yang mendapat pelatihan keterampilan sosial, didapatkan adanya peningkatan ketermapilan hidup mandiri. Pelatihan keterampilan sosial, didapatkan adanya peningkatan keterampilan hidup mandiri. Pelatihan keterampilan sosial diharapkan dapatvmeningkatkan kemampuan perawatan diri dan kemandirian pasien skizofrenia sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien skizofrenia.

Kata Kunci: perawatan diri, kemampuan hidup mandiri, pelatihan keterampilan sosial, skizofrenia


Beriku ini full text yang dapat didownload pada link berikut:
Program peningkatan kemampuan perawatan diri dan hidup mandiri pada pasien skizofrenia


atau

https://bit.ly/2X4lxKA

0 komentar: