Tutorial menggunakan Zoho Form

 


Bagi yang selama ini familiar menggunakan gform sebagai media penyebaran kuesioner online, maka bisa juga menggunakan zoho form. Tentunya setiap aplikasi memiliki kekurang dan kelebihan.

Salah satu kelebihan dari zoho form adalah bisa melakukan tanda tangan online, nah bila akan digunakan untuk meminta persetujuan dan membutuhkan tanda tangan misalnya pada penelitian, sebagai persetujuan responden pada informed consent, maka bisa menggunakan zoho form. Bisa juga digunakan untuk kepentingan meminta pakta integritas. Apalagi saat pandemic sekarang, bisa menggunakan zoho form.

Zoho form cukup mudah digunakan. Berikut saya coba rangkumkan bagaimana membuat zoho form secara sederhana.

1. Buka https://www.zoho.com/forms/ : dafta pada bagian ini, kemudian lihat email konfirmasi di email yang telah didaftarkan.



2. Kemudian, masuk kembali ke halaman zoho, klik “sign in”

3. Setelah memasukkan email dan password, maka akan masuk ke halaman utama

4. Bila ingin memulai membuat form/formulir baru maka klik “new form"

5. Tuliskan nama formnya dan pada deskripsi tujuan form tersebut kemudian “create”. Pada bagian kiri tersedia template, yang akan memudahkan untuk membuat formnya. Pilihlah yang sesuai dengan yang dibutuhkan untuk formulir yang akan digunankan.

6. Misalnya untuk identitas: pilih “name”. Untuk kuesioner pilihannya bisa “multiple choice” atau “checkbox”

7. Untuk tanda tangan, bisa ambil “advanced fields yang berada di bawah “basic fields”

8. Pada form yang dibuat bisa diatur dengan melakukan pengaturan di bagian menu “rules”

9. Bila telah selesai maka pada bagian atas kanan klik “save”.

10. Kemudian "share"

11. Linknya bisa diperpendek dengan “shorten URL” kemudian bisa dibagikan melalui email/wa/line.

12. Bila telah terkumpul, maka hasil form bisa di lihat di bagian “all entries”. Kemudian pilih rekapnya pdf atau excel. 

Bila sudah selesai, maka hasil formnya yang terkumpul dapat dianalisis. Semoga bermanfaat.


6 comments:

  1. Waah baru tau ada aplikasi zoho ini mba, selama ini emang lebih familiar sama gform :D

    ReplyDelete
  2. Wah lengkap dan detail banget ini tutorialnya mbak, kapan-kapan aku mau nyoba deh pakai zoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum detail mba..aku juga- lagi belajar pake Zoho..jadi yg di share yang udah dipraktikkan saja.. Masih banyak future yg belum di eksplore..hehhe

      Delete
  3. Bisa nih aku share ke teman-teman, bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  4. Ini aplikasi favorit aku untuk absensi peserta kegiatan online mba. Bikinnya juga gampang plus bisa ditandatangan..

    ReplyDelete