Cantik dan Sehat di Bulan Ramadhan

Menurut saya cantik itu cerminan dari sehat. badan yang sehat fit akan memancarkan aura cantik. jangan terpengaruh pakem kecantikan saat ini. Cantik yang diartikan putih kurus dan langsing, itu tidak benar, kalo berdasarkan meme yang ada di medsos, deskripsi tersebut justru mirip  deskripsi bihun, heheheh. Akan tetapi bukan berarti cantik itu juga gemuk jugaantik itu relatif. cantik itu kata sifat, makanya sifatnya subjektif. yang paling penting tentu cantik hatinya.. asiiik

Saya lebih setuju bahwa cantik adalah gambaran dari kesehatan. Apalagi di bulan Ramadhan saat ini, sehat untuk menjalani ibadah suatu keharusan dong. Ditambah lagi di zaman kita harus mencari dan menemukan "the new normal" menjalani kehidupan karena ada Corona.

Saya membahas pada tulisan kali ini mengenai sehat jasmani dan rohani, dan perlunya menjaga keseimbangan. Pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, efek pada tubuh yaitu perubahan waktu makan (asupan energi), perubahan pola tidur, perubahan ritme tubuh, termasuk hormon, dan perubahan profil glukosa darah.
Sehat jasmani, berhubungan dengan badan atau tubuh. Artinya cara menjaganya tentu dengan menjaga makanan dan berolahraga. Makan makanan yang sehat  itu perlu, selain itu kecukupan gizi juga perlu diperhatikan. Pada saat puasa, kadar gula dalam darah akan menurun, untuk itu saat berpuka dianjurkan berbuka dengan yang manis.
Dokpri. Jeruk gerga
Selain makanan, aktivitas fisik juga masih perlu. Tantangan saat ini kita hanyaberada di rumah, aktivitas keluar rumah terbatas, jadi kaum rebahan addduuuudu.. sehatnya dimana? Kebetulan saya menggunakan jam tangan yang bisa mengitung langkah, kalau sebelum ini bisa 5000-8000 langkah, nah pada masa ini awal-awal saya mentok di 3000 langkah, bahkan ada yang 1800 langkah. Badan rasanya jadi berat dong ya. Lihat aplikasi buat olahraga agar termotivasi, jadinya cuma nontonin doang. Tapi kesadaran mengenai pentingnya berolahraga itu perlu dipupuk, akhirnya saya membuat jadwal olahraga.. ga lama-lama, diawali dengan 10 menit dulu. Yang penting istiqomahnya.

Sehat Rohani, ini juga penting. Sehat jiwa, di awal masa corona saya juga marah, denial, kemudia nsaya berdamai, dan menerima keadaan. Bisa baca di Mengelola informasi mengenai corona dan menjaga kesehatan jiwa saat wabah corona untuk tipsnya agar bisa sampai di tahap penerimaan. Alhamdulillah saat memasuki Ramadhan saya sudah mulai menerima keadaan dan beradaptasi dengan perubahannya.
Screenshot webinar FKUI

Untuk menjaga kesehatan rohani berada di level optimal untuk ibadah, kita bisa mendata apa yang bisa kontrol dan tidak bisa kita kontrol. Tentunya dengan melaksanakan ibadah terutama puasa dan tilawah dan ibadah lainnya dengan harapan pahala berlipat ganda. 

17 comments:

  1. 😂 aku malah fokus sama putih kurus itu ternyata bihun 😆

    ReplyDelete
  2. Iya nih kaum rebahan yang jarang gerak... jdnya ngakalinnya jemur di loteng, lunayan turun naik tangga hehe

    ReplyDelete
  3. Deskripsi bihun itu maksudnya gimana, aduuhh kok aku fokus disitu titik nya 😅

    ReplyDelete
  4. Cantik..kurus...langsing
    Kirain kipas angin mba😁

    ReplyDelete
  5. Kecantikan yg di standarisasi manusia gak akan tahan lama ya mbaaa hihihiihih

    Sip sip

    ReplyDelete
  6. Yg kurus jd sibuk biar kurus terus, yg gemuk sibuk biar kurus maksudnya biar cantik sih tp jd ga sehat ya

    ReplyDelete
  7. Kaum rebahan yang sedang berhenti olahraga karena puasa mba hehe
    Sebelumnya udah lumayan rajin

    ReplyDelete
  8. Iya nih olahraganya jadi beraaaat.... 😂

    ReplyDelete
  9. Duh mba, baca pas siang2 panas gini liat jeruknya kok seger bgt yak...

    ReplyDelete
  10. Baru tau deh ada istilah kaya bihun gitu 😅 lucu dengernya.
    Tapi kenyataan banyak orang yang mengidamkannya.

    ReplyDelete
  11. Owh iya bener uga... bihun 😂 kreatip banget ❤️

    ReplyDelete
  12. Aku baca "bihun" pas siang-siang ramadhan ini, jadi gagal fokus hahahaha (kebayang bihun digoreng ya Allah)

    ReplyDelete
  13. aku setuju berawalnya dari sehat. kalau badan sehat, gak lesu, pikiran gak stress juga, keliatannya segeeer aja mukanya wkwk

    ReplyDelete
  14. Aku juga sama baru dengar istilah bihun wkwk, setuju dengan mengelola informasi mengenai corona

    ReplyDelete
  15. Soal olahraga memang kebanyakan jadi PR bagi kaum hawa terutama para emak. Saya pribadi juga soal yg satu ini belum begitu rutin. Tergantung maunya aja hehe. Btw, nice tips

    ReplyDelete
  16. "Cantikk deskripsi bihun" Ya Allah, aku ketawa pas baca ini mba. Kalo ngikutin standar cantik dunia ga bakal ada habisnya ya mba..

    ReplyDelete
  17. Awalnya saya pun termasuk kaum rebahan Mba.. Tapi semakin kesini, malu rasanya hehehe harus berubah, terus menuju ke arah yg lebih baik dan sehat..

    ReplyDelete