Menyingkat Url yang Panjang dengan Bitly


Di era digitalisasi saat ini, berbagi urusannya dilakukan secara online. Mau  bikin passport daftar online, mau berobat daftar online, dan mau sensus penduduk dilakukan secara online. Bahkan di kantor-kantor sekarang sudah ada yang menggunakan e-office, dasarnya online juga.

Sebagai seorang dokter, kami melakukan rereegistrasi di webnya IDI juga online, bukti SKP dilaporkan secara online, dengan menyimpan sebelumnya bukti SKP di google drive kemudian share link. Begitu juga sebagai seorang dosen, beberapa akun baik yang untuk kenaikan pangkat, bukti menjalankan tridharma dilaporkan juga secara online.

Salah satu yang membuat saya tergerak untuk mempelajari mengenai bagaimana cara mempersingkat url, yaitu ketika mengurus jabatan fungsional. Aplikasi yang digunakan adalah PAK online. Bila ada yang di KOPERTIS X atau Namanya sekarang LLDIKTI Wilayah X, berikut alamat linknya http://kepegawaian.kopertis10.or.id/. Nah, pada aplikasi ini kita akan memasukkan bukti tridharma baik pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian dan  penunujang. Untuk detailnya sepeti apa, insyaAllah kita bahas di lain waktu (semoga aku rajin ya Allah). Pada saat memasukkan komponen tersebut, maka akan diminta melampirkan buktinya dengan menuliskan url dari google drive, temapt menyimpan bukti pelaksanaan tridharma. Url yang dari share link dari google drive, biasanya akan panjang.

Untuk meminimalisir kesalahan karena url yang panjang, maka url ini bisa diperpendek. Ada berbagai cara ternyata, tapi yang saya gunakan adalah bitly.
Untuk yang ingin menyingkat url menggunakan bit.ly, bisa dibuka di link berikut: https://bitly.com/, tampilan akan terlihat seperti ini:
Tampilan awal bitly

Bitly ini gratis. Bila belum terdaftar, tinggal klik “sign up”, geser agak ke bawah, akan keluar tampilan
Sign up


 Klik “here” 

klik here

Isikan username, email dan password atau daftar dari akun google juga bisa. Setelah itu cek email, kemudian konfirmasi kemudian masuk kembali ke laman bitly.

Halaman setelah konfirmasi dari email


Bila sudah keluar tampilan seperti di atas, untuk memulai klik “create”
Custom url

Tinggal paste URL yang Panjang, kemudian custom pada kotak bagian atas, maka kita bisa mendapatkan link url yang pendek dan mudah diingat.

Semoga bermanfaat




7 comments:

  1. Wawan...bisa dicoba ini, makasih infonya mba

    ReplyDelete
  2. Wah kebetulan pengen tau yang begini,mulai rame yg pake begini makasih mba sharingnya

    ReplyDelete
  3. Sepanjang ini saya jarang melakukannya. Terkecuali untuk yang memang disyaratkan. Btw, nice sharing. Biar tambah semangat ngeblognya ya

    ReplyDelete
  4. info yang bermanfaat, pernah coba juga hehehe

    ReplyDelete