TIPS FOR MEDICAL STUDENTS 1: 7 TIPS HOW TO TAKE A NOTE



Tips ini untuk membantu mahasiswa kedokteran dalam membuat catatan. Membuat catatan merupakan suatu keterampilan, bukan hanya memindahkan apa yang tertulis dalam teksbook ataupun apa yang didengar saat dosen memberikan kuliah, tetapi intisari dan menggunakan kata-kata sendiri, sehingga  mudah diingat.

Beberapa tips dalam mencatat secara efektif, berikut caranya yang bisa kamu ikuti:
1.       Don’t write facts, write conclusions!
Setelah memperoleh informasi jangan langsung dituliskan, tetapi mengerti dulu dengan informasi tersebut dan buatlah keseimpulan, itulah yang bisa menjadi catatan.
2.       Use colour pen!
Misalnya: menggunakan pena merah untuk pertanyaan, definisi dengan pena biru dan kesimpulan dengan warna hijau. Dengan warna yang menarik dan memiliki arti, belajar makin menyenangkan.
3.       Review!
Kamu bisa mereview sasaran pembelajaransuatu topik bersama teman, dengan mereview, kamu makin mengerti apa yang kamu tuliskan dan meningkatkan pemahaman.
4.       Use indicators in your note!
Indikator ini berfungsi untuk meng-organize catatatn kamu. Bagi kamu yang sangat teratur akan cocok dengan tips ini. Kamu bisa menggunakan simbol-simbol untuk memudahkan kamu dalam membaca atau mereview catatan kamu. Caranya, kamu bisa gunakan symbol ● untuk pertanyaan, □ untuk terminology baru, dan ◊ untuk kesimpulan.
5.       Use Sticky note!
Sticky note biasanya mempunyai warna yang mencolok, ada yang pink, orange, kuning stabilo dan warna lainnya. Sticky note ini sangat eye catching, sehingga informasi penting bisa dituliskan pada sticky note ini.
6.       Connect your idea!
Catatan yang sudah baik, yang berisikan kesimpulan-kesimpulan  akan memudahkan kamu dalam menghubungkan satu kesimpulan dengan kesimpulan yang lain, sehingga menjadi suatu kesatuan pemahaman yang utuh.
7.       Don’t highlight everything!
Bila kamu ingin mengambil kesimpulan dari hasil bacaan pada teksbook, jangan highlight semuanya, karena itu bukan kesimpulannya, itu masih informasi. Highlight lah bagian-bagian pentingnya saja.

Demikian tips untuk mencatat secara efektif. Semoga bermanfaat. J

0 komentar: