The Glory

Apakah sudah ada yang menonton session 1 nya The Glory? Awal-awal episode sudah bikin kita yang nonton emosi. Segitunyakah bullying di Korea? Untuk apa sih ngebully segitunya. Dan apakah sedikitpun tidak ada rasa bersalah melihat langsung seorang manusia disakiti sebegitunya? Apakah memang sebebal itu rasa di hati mereka? Apakah bullying sama dengan kriminal, sehingga kalau ada publik figur di Korea yang ketahuan aibnya pernah membully, karirnya akan hancur dan dilarang tampil di tv publik. Apakah tingkat bully sejauh itu ya?

Pendapat dari ahli mengenai bullying adalah mendefinisikan school bullying sebagai perilaku agresif yang dilakukan berulang-ulang oleh seorang atau sekelompok siswa yang memiliki kekuasaan, terhadap siswa/siswi lain yang lebih lemah, dengan tujuan menyakiti orang tersebut. Menyakiti bisa dari 2 hal ya, bisa fisik bisa mental. Tapi sejauh mana menyakiti ini? Kalau di Glory ini sudah masuk kriminal ga sih.

Ada kalimat yang mengena banget diucapkan Moon Dong Eun ke pembuly-nya Park Yeon Jin: Bila j*l*ng jahat sepertimu bisa hidup baik, kenapa ia harus mati. Korban Park Yeon Jin sebelumnya memilih untuk bunuh diri atau dibunuh Park Yeon Jin, mungkin jawabannya di session 2. Bahkan Moon Dong Eun pernah berencana untuk bunuh diri dengan menenggelamkan diri ke Sungai Han, tapi ga jadi karena rasanya ga adil ga sih. Dapat sakit dua kali dan pelaku tidak mendapatkan balas dendam.

 
 

0 komentar: