Tutorial Pertama di Tahun 2023


 

Tutorial pertama setelah libur akhir tahun selama seminggu. Yang paling dirindukan saat mengfasilitasi diskusi kelompok tutorial ini adalah fase brainstormingnya, bagaimana mereka membangun pengetahuan, mengkaloborasikan pengalaman yang dialami atau yang dilihat dengan apa yang pernah mereka pelajari. Kadang ada yang di luar konteks kadang ada yang jauh pembahasannya. Saat mereka dengan berdiskusi menemukan konsep yang diminta dari sebuah triger, ada rasa senang. 

Kelompok tutorial selalu berdinamika, kadang ada yang semangat, kadang pula ada yang turun semangat, tapi itu semua bagian dari berdinamika dalam sebuah kelompok. Di bagian inilah peran ketua kelompok sangat penting untuk memberikan kesempatan kepada temannya agar partisipasi merata. Dengan proses diskusi terstruktur ini, mahasiswa juga belajar bagaimana menghargai pendapat, membuat kesimpulan, dan saling menyaring informasi.

Mahasiswa tahun ini yang merupakan generasi Z, perlu pendekatan yang agak berbeda dari angkatan sebelumnya. Pada kelompok ini pula saya menemukan mahasiswa menggunakan berbagai media dalam belajar. Termasuk tiktok. Satu yang pesankan ke mahasiswa, agar bijak menggunakannya, tetap konfirmasi dari sumber ilmiah. Bahkan kalau sudah mendapatkan suatu informasi dan meramunya, jangan malu untuk membuat konten edukasi juga.

0 komentar: