Callaborative learning merupakan salah metode pembelajaran student centered learning, yang
menitikberatkan pada kerjasama antar mahasiswa yang didasarkan pada konsensus yang
dibangun sendiri oleh angota kelompok. Masalah/tugas/kasus memang berasal dari
dosen dan bersifat open ended, tetapi
pembentukkan kelompok yang didasarkan pada minat, prosedur kerja kelompok,
penentuan waktu dan tempat diskusi/kerja kelompok, sampai dengan bagaimana
hasil diskusi/kerja kelompok ingin dinilai oleh dosen, semuanya ditentukan
melalui consensus bersama antar anggota kelompok.
Mahasiswa dibagi menjadi
kelompok-kelompok kecil yang terdiri dari 5-10 orang. Mahasiswa yang berada
dalam satu kelompok berasal dari latar belakang berbeda, mulai dari jenis
kelamin, sampai pada kemampuan akdemik yang berbeda. Kelompok memiliki tujuan
yang sama yaitu menyelesaikan masalah/tugas/kasus atau menghasilkan sebuah
karya. Callaborative learning bukan
hanya sekedar mahasiswa berkerjasama dalam satu kelompok dalam menyelesaikan
tujuan, tetapi callaborative learning
menunjukkan adanya ketergantungan yang positif antar anggota kelompok, interaksi
tatap muka, penerapan keterampilan untuk bekerjasama, dan upaya beproses dalam
kelompok dengan senantiasa mengidentifikasi efektifitas dan efisiensi kelompok.
Terdapat beberapa manfaat callaborative learning, diantaranya:
1. Dibanding
belajar secara individual, callaborative
learning dapat meningkatkan ketertarikan terhadap apa yang dibahas di
antara peserta didik serta memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk
secara aktif terlibat dalam diskusi.
2. Mahasiswa
mampu memaparkan dan mempertahankan ide, pendapat, saling bertukar pendapat,
mempertanyakan kerangka konsep orang lain, memikul tanggung jawab terhadap
proses pembelajaran mereka, mendorong tercapainya tingkat pemikiran yang lebih
tinggi dan retensi ilmu yang lebih lama, sehingga pada akhirnya mereka menjadi
pemikir kritis.
Kelompok kecil mahasiswa
difasilitasi oleh seorang tutor yang memahami konten, biasanya dilakukan pada
semester awal, peralihan dari sekolah menengah ke fakultas. Sebelum mahasiswa mandiri
menentukan sasaran pembelajarannya sendiri.
0 komentar: