Pada Standar Kompetensi Dokter Indonesia (SKDI) salah satu area
kompetensinya adalah mawas diri dan pengembangan diri yang maksudnya adalah
supaya seorang dokter harus selalu mengembangkan pengetahuan dengan pembelajaran
sepanjang hayat yang merupakan tujuan yang dapat dicapai dengan menerapkan self
directed learning (SDL).
SDL bukanlah hal baru, Craick (1840) telah mempublikasikan
mengenai SDL di Amerika Serikat, dan Smiles (1859) di Inggris juga
mempublikasikan buku yang berjudul “Self-Help”. Di Indonesia juga telah banyak
penelitian mengenai SDL, terutama dalam pendidikan kedokteran. Membahas
mengenai SDL selalu menarik, karena menambah pengetahuan terutama bagi penulis,
untuk mengetahui hakikat dari pembelajaran mandiri dan bagaimana strateginya
agar SDL ini dapat mendukung dalam proses pembelajaran.
8 Cara Pendekatan
Pembelajaran Mandiri untuk Mahasiswa Kedokteran:
·
Independent learning, siswa bekerja sendiri untuk
memenuhi kebutuhan belajarnya.
·
Self-managed learning, self directed learning, self regulated
learning, menekankan
siswa memiliki kontrol terhadap pembelajarannya, bertanggung jawab dengan
diagnosis kebutuhan belajarnya, serta mengidentifikasikan sumber daya dan
menilai tingkat pembelajarannya.
·
Resource-based learning, siswa bebas memilih sumber pembelajarannya.
·
Just-for-you or flexible learning, menekankan berbagai kesempatan pembelajaran yang ditawarkan kepada
siswa.
·
Open learning, menekankan
pada penyediaan akses yang lebih besar untuk pilihan pendidikannya.
·
E-learning, pembelajaran
difasilitasi oleh informasi dan teknologi komunikasi.
·
Distance learning, siswa
belajar sendiri, interaksi jarak jauh dengan gurunya.
·
Just-in-time learning, sumber daya yang tersedia bagi peserta didik bila diperlukan.
Cara-cara di atas dapat dimanfaatkan dan disesuaikan dengan gaya
belajar pribadi mahasiswa. Mengapa perlu SDL pada mahasiswa kedokteran? Ilmu
kedokteran berkembang sehingga perlu dipelajari hal yang dipilih, diatur sendiri
oleh mahasiswa.
Daftar Pustaka:
1.
Premkumar
K, Pahwa P, banerjee A, Baptise K, Bhatt H, Lin HJ. Does medical training
promote or deter self-directed learning? A longitudinal mixed-methods study.
Academic Medicine J. 2013;88(11).1754-1764
2. Abdullah MH. Self-directed
learning. Acad Med J. 2013;88:1754–1764.
3.
Murrad H, Varkey P. Self-directed
learning in health professions education. Ann Acad Med Singapore
2008;37:580-90
4. Hiemstra, R.
Self-directed learning. In T. Husen & T. N. Postlethwaite (Eds.): The International Encyclopedia of Education.
Oxford: Pergamon Press.
Ed 2. 1994.
Available: http://home.twcny.rr.com/hiemstra/sdlhdbk.html
5.
Morrison D, Premkumar
K. Practical strategies to promote self-directed learning in the medical
curriculum. Spring. International J of Self-Directed Learning. 2014;
11:1.
0 komentar: