Debat- Merangkai Kalimat Bukan hanya Sekedar Kemenangan

Debat adalah suatu kegiatan mengadu argumentasi dua pihak atau lebi yang bersifat perorangan ataupun kelompok dalam mendiskusikan dan memutuskan masalah dan perbedaan. Dalam pengertian lain, debat didefiniskan sebagai pembahasan atau pertukaran pendapat mengenai suatu hal dengan saling memberi alasan untuk mempertahankan pendapat masing-masing.

Saya pribadi, selalu senang melihat debat (bukan debat kusir ya), karena pada saat debat kita dapat mempelajari banyak hal, bagaimana  mengolah kalimat dalam waktu singkat saat mosi baru dipilih, membatasi argumen sehingga sesuai dengan fakta saat ini. Selain harus berpikir secara cepat, tepat, cermat dan teliti, tim debat juga menunjukkan bagaimana strategi dalam perdebatan siapa yang akan jadi pembicara pertama, kedua dan ketiga. Yang lebih penting menghargai pendapat lawan.


Dokumen pribadi

Suatu pengalaman yang mengesankan menjadi juri di lomba debat. Bukan masalah kalah menang, tetapi amazing dengan peserta debat yang dengan cerdas memilih diksi yang menguatkan pendapat mereka baik dari segi pro maupun kontra.

Foto yang dikirimkan oleh mahasiswa

Semoga bagi mahasiswa baik peserta, panitia maupun suporter yang hadir saat itu dapat mempelajari bagaimana teknik komunikasi yang baik, cara menghargai walaupun berbeda pendapat. penarikan kesimpulan yang ciamik, dan yang lebih penting lagi fokus dan menjadi pendengar yang efektif. Sekali lagi bukan masalah menang kalah dalam perdebatan ini, tetapi hikmah dibalik kegiatan ini.



Beberapa foto atau animasi yang digunakan di foto ini ataupun di blog ini diambil dari Canva. Salah satu aplikasi untuk desain foto, poster atau untuk desaign apapun. Bagi yang ingin desain dengan canva bisa melalui link ini https://www.canva.com/join/oyster-washer-garnet. Bagi saya yang ga ahli desain bisa dengan mudah menggunakannya. kamu juga bisa.



0 komentar: