Penting! Untuk Dosen atau Guru yang Akan Melakukan Ujian Daring


Salah satu platform yang dapat digunakan pada masa pandemic saat ini adalah google form. Gogle form cukup mudah digunakan. Sering digunkaan untuk survey ataupun kuis. Nah untuk masa pandemic saat ini, dan semua proses pembelajaran dan pengajaran melalui daring, begitu juda dengan ujian. Ujian mengunakan daring tentu ada plus minusnya, paling tidak sebagai seorang pendidik dan pengajar, kita telah memberikan sumber pembelajaran yang cukup buat mahasiswa.

Sebelum memulai untuk input soal, tentunya harus buka google form dulu, tinggal ketik di search engine seperti chrome, kemudian akan muncul tampilan seperti ini:


Tampilan Google Form
Untuk memulai, tinggal pilih tanda plus, kemudian kita bisa isikan judul form nya mengenai apa.

Contoh Judul Form: Kuis Coba-coba
Berikutnya tinggal tambahkan soalnya, untuk kuis kita bisa menandakan langsung jawababn benarnya. Dan untuk membuat soal kedua kita tinggal pilih tanda “+” yang berada di sebelah kanan.
Tambahkan soal sesuai dengan blueprint yang telah ditetapkan

Tambahkan pertanyaan kedua beserta jawabbnya, jangan lupa beri poin di setiap pertanyaan. Misalnya total nilai 100, bila jumlah soal 5, maka poin disetiap soal adalah 20 poin.

Untuk setelannya dapat dipilih umum, presentasi dan kuis. Bila ditujukan untuk ujian, maka tandai sebagai kuis. Agar jumlah mahasiswa yang ujian sesuai dengan jumlah mahasiswa yang ada, maka perlu dicentang “Batasi ke 1 tanggapan”. Untuk yang menggunakan email institusi, maka dapat juga dibatasi hanya untuk email institusi.

Setelan untuk mengatur pilihan dan tujuan digunakannya goggle form
Setiap ujian dapat dibatasi waktunya, dengan menambahkan pengaturan waktu. Titik tiga sebelah kanan tab “kirim”, di klik, maka ada pilihan add-ons. Pilih Formlimiter, kemudian instal

Pilih Add-ons
Berikut ini tampilan formlimiter yang telah berhasil diinstal.  Kita bisa setel tanggal ujian dan kapan dikumpulkan jawabannya.
Tampilan google form yang telah menginstal formlimiter

Bila ujiannya telah selesai, maka hasilnya dapat dilihat di “response”. Hasilnya bisa dimport ke excel, jadi akan kelihatan nama mahasiswa, jawaban dan jumlah skor.
Tampilan hasil

Nah cara di atas dapat digunakan untuk ujian daring. Semoga bermanfaat.



0 komentar: