10 Tahun yang Lalu

 


Tema pertama dari 30 hari bercerita "10 tahun yang lalu" . Harus flashback memori ini, 10 tahun yang lalu artinya di tahun 2013 awal. Mhhmm masih internship, lupa apakah stase rumah sakit atau di puskesmas. Lokasi internshipnya di Kalimantan Selatan, tepatnya di Kabupaten Balangan, Kecamatan Paringin. Ada 3 kelompok di sana, yang terbagi jadi 2 kelompok di rumah sakit dan satu kelompok di Puskesmas. 

Pengalaman intership di Kalimantan Selatan menarik. Karena pertama kalinya ke Kalimantan, dan mikirnya Kalimantan itu harus lewat sungai, naik perahu. Kebayang bagaimana perjalanannya. Sesampainya di sana, kami disambut di Kota Banjarmasin sebelum ke kabupaten masing-masing. Kotanya sama lah seperti ibukota propinsi kebanyakan. Agak deg-degan sebelum ke Kabupaten, apakah setelah naik bus, kami lanjut naik perahu atau seperti apa. Ternyata.. cuma lewat darat, dan  jalannya tidak seperti di Sumatera, yang badan jalannya kanan sawah atau sebelah kirinya jurang, jalan berliku dan tikungan tajam. Jalanan di Kalimantan Selatan kebanyakan lurus. 

Sesampaiknya di Kabupaten Balangan karena sudah malam, kami diinapkan di penginapan. Masih belum kaget tu, masih sama lah dengan budaya Sumatera. Kebanyakan kami dari Sumatera Barat. Paginya kami mulai berinteraksi sama penjaga penginapan, mulai terasa bedanya,  terutama bahasa. Bahasanya seperti bahasa Sunda yang ada alunannya, Kami masih bisa paham dengan apa yang disampaikan dan bisa berinteraksi. Penyambutan pertama di Dinas Kesehatan Kabupaten, ketemu sama kepala dinas dan pegawai di sana. Disampaikanlah, bahwa mungkin akan ada kendala bahasa, kebetulan kepala dinasnya bukan orang asli Kalsel, tetapi sudah lama di Kalsel. Kami berpikir, kalau mengenai alunan bahasa, insyaAllah bisalah.

Hari berikutnya kami mulai mengunjungi Puskesmas dan Rumah sakit untuk perkenalan dan melapor untuk praktik di wahana tersebut. Bertemu dengan dokter, perawat dan bidan di sana. Masih ga masalah dengan komunikasi. Pas mulai bertugas, anamnesis dengan pasien, kami perlu translater (bidan atau perawat, karyawan rumah sakit dan puskesmas), untuk menterjemahkan beberapa kata yang belum kami pahami. Pas jaga malam, selain bertugas, kami saling mengumpulkan kata-kata baru trus saling catat lah apa saja budaya-budaya yang perlu kami pelajari untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar.
Indonesia itu kaya, dan kita akan menyadari bila kita sudah ke tempat-tempat yang belum kita kunjungi. Dari segi bahasa saja, ada berapa banyak bahasa yang dipakai.




0 komentar: