Cara Membuat Header/Footer Berbeda pada setiap halaman Ms. Word 2010



Tulisan pertama di blog ini sesuai dengan yang saya butuhkan saat ini. Beberapa bulan yang lalu saat penulisan proposl tesis, saya tidak terlalu memikirkan bagaimana pengaturan header/footer yang berbeda disetiap halaman sesuai kebutuhan. Untuk gampangnya saya membuat di file yang berbeda, cukup praktis buat saya, yang tidak terlalu bisa mengotak-atik ms.word.
Keinginan untuk mencari tahu bagaimana cara membuatnya baru setelah membaca panduan menulis Tugas Akhir Universitas Indonesia. Kalau yang diserahkan hanya dalam bentuk hardcopy, mungkin saya akan bertahan dengan cara praktis tadi, akan tetapi kita juga harus menyerahkan dalam bentuk softcopy, yang dalam ketentuannya harus berada dalam satu file, jadinya baru tadi malam googling bagaimana cara membuat header/footer yang berbeda disetiap halaman.
Jika kita membuat suatu header atau footer pada satu halaman di Ms. Word, maka halaman berikutnya otomatis header/footer akan sama isinya. Nah dari hasil googling, bila kita ingin membuat header/footer yang berbeda pada halaman-halaman lain, berikut caranya:
Misalnya halaman pertama adalah halaman judul dan halaman kedua adalah kata pengantar, maka pada halaman pertama tidak dicantumkan nomor halaman.
-          Buka Ms. Word
-          Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan section pada halaman yang ingin dibedakan (kalo pas halaman pertama tinggal buka header footer- design- kemudian klik different first page). 

 

-          Bila bukan di halaman pertama, maka tentukan dulu halaman mana yang mau dibedakan, kemudian klik tab Page layout, klik menu Breaks, kemudian klik Next Page.

 
 
Maka halaman sebelumnya dengan berikutnya bisa diatur berbeda header/footernya.
-          Untuk menulis header di section 1, doble klik di area header, lalu tulis header yang dikehendaki.
-          Di halaman section 2, doble klik di area header, perhatikan pada tulisan Same as Previous. Untuk menghilangkannya klik Link to Previous.

-          Doble klik untuk keluar
-          Lakukan langkah ini pada section selanjutnya.

Semoga bermanfaat

2 comments: