Cara Mendapatkan SKP IDI Online Gratis (1)



Sebagai seorang dokter, kita tentu sering mendengar mengenai pembelajaran sepanjang hayat. Pembelajaran sepanjang hayat bersifat wajib bagi kita yang berprofesi sebagai dokter. Kenapa wajib? Karena perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kesehatan juga semakin berkembang dari waktu ke waktu. Agar menjaga profesionalisme kita sebagai dokter maka kita perlu mempertahankan dan meningkatkan keilmuan kita.

CME (Continuing Medical Education) merupakan suatu program pembelajaran sepanjang hayat. Setiap dokter harus melakukan CME, yang juga merupakan syarat untuk perpanjangan STR yang dibuktikan dengan jumlah SKP (Satuan Kredit  Profesi). Jumlah yang harus dikumpulkan seorang dokter adalah 50 SKP per tahun. Dalam 5 tahun seorang dokter akan mengumpulkan 250 SKP.

Terdapat 5 ranah kegiatan yang harus dipenuhi oleh seorang dokter. Berikut tabel ranah kegiatan dan indikator porsi yang diharapkan:

No
Ranah Kegiatan
Target Nilai
A
Ranah Pembelajaran
50-75
B
Ranah Profesional
75-100
C
Pengabdian Masyarakat dan Profesi
25-50
D
Publikasi Ilmiah dan Populer
0-100
E
Pengembangan Ilmu dan Pendidikan
0-100

Untuk penjelasan masing-masing ranah, akan dibahas ditulisan berikutnya.

Kita fokus pada bagaimana cara mendapatkan SKP IDI Online secara gratis. IDI banyak bekerja sama dengan majalah atau aplikasi untuk membantu kita mendapatkan SKP, dan ini gratis. Caranya kita tinggal beli majalah yang bekerja sama dengan IDI atau bisa secara online dan mendaftar dengan memasukkan NPA IDI (yang belum punya segera urus ya..:) ).  Selain itu, bisa juga mendownload aplikasi yang bekerja sama dengan IDI (dibahas ditulisan lain ya).

Nah, di tulisan saya fokus dengan majalahnya Kalbe yaitu Cermin Dunia Kedokteran (CDK). CDK ada dalam bentuk cetak dan juga online. Link onlinenya http://www.kalbemed.com/CME/CMEOnline.aspx. Tapi sebelum itu harus mendaftar terlebih dahulu.


Setelah selesai, login dengan memasukkan user name dan password, kemudian klik CME. Ada pilihan CME Archieve dan CME online.  Untuk pengerjaan Online klik CME Online. Berikut contoh artikel yang ber-SKP.


Klik start quis, kemudian download artikelnya dan kerjakan soalnya. Terdapat 10 soal, dengan pilihan Benar atau Salah. Bila berhasil, maka kita akan mendapatkan setifikat. Pengerjaannya Cuma satu kali lho.
Ini contoh sertifikatnya:


Per tanggal 21 Februari 2017, saat tulisan ini dipublikasikan, terdapat 13 artikel ber-SKP IDI. Bila lulus semuanya, kita akan dapatkan 26 SKP. Lumayankan J.

Semoga bermanfaat.

2 comments:

  1. Terima kasih untuk infonya! Sangat bermanfaat dan dapat menghemat biaya, hehehe...

    ReplyDelete