MUMPS/Parotitis/ Gondongan




Masyarakat awam mengenal penyakit ini dengan penyakit gondongan. Penyakit gondongan adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan pada kelenjer liur disertai dengan nyeri. Gondongan disebabkan oleh paramyxovirus. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah (droplet) yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur 2-12 tahun, jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun. Daerah yang sering terkena serangan biasanya adalah kelenjer parotis, yaitu kelenjer ludah yang terletak diantara telinga dan rahang Pada dasarnya penyakit gondongan/mumps/parotitis merupakan penyakit yang ringan dan banyak terjadi pada anak-anak.

Gejala muncul dalam 12-24 hari setelah terinfeksi, gejala dapat berupa nyeri saat menguyah atau menelan, menggigil, sakit kepala, nafsu makan berkurang, merasa tidak enak badan, demam ringan sampai sedang, jika kelenjer liur disentuh akan timbul nyeri. Pembengkakan terjadi pada hari kedua.

Penyakit gondongan merupakan penyakit yang dapat sembuh dengan sendirinya. Pemberian obat-obatan bertujuan untuk mengurangi gejala yang meyertainya. Misalnya untuk mengurangi mnyeri dan demam yang biasanya merupakan gejala yang muncul pada penyakit gondongan. Penderita gondongan sebaiknya banyak minum air putih.

1 comment: