Mendeley Desktop



Bagi yang sering menulis karya ilmiah, mungkin sudah pernah mendengar mengenai software yang satu ini, Mendeley. Mendeley merupakan software gratis yang memudahkan penulis untuk mengatur sumber tulisan. Cukup mudah digunakan. Dibandingkan dengan software serupa tapi berbayar, program ini manfaatnya sama dengan software berbayar itu. Bila ganti laptop kita tinggal unduh lagi softwarenya.
Software ini dapat diunduh di http://www.mendeley.com. Sebelumnya teman-teman mendaftar terlebih dahulu dengan menggunakan email. Setelah itu baru aplikasinya dapat diunduh dan diinstal.
Keunggulan dari Mendeley adalah:
1.      Mendeley ibaratnya perpustakaan pribadi, untuk satu tulisan kita bisa memasukkan berbagai literatur yang digunakan, yang secara otomatis detail dari literatur tersebut muncul. Detailnya berupa tipe file, judul, penulis, tahun, volume, halaman, abstrak, url, dsb.
2.      Terhubung secara online dengan website. Jadi file yang telah kita masukkan ke perpustakaan Mendeley bisa dengan mudah kita akses kapanpun dan dimanapun.
Saya menggunakan Mendeley lebih kurang 4 bulan yang lalu, cukup membantu dalam menyelesaikan proposal tesis saya. Saya memasukkan literatur yang akan digunakan dalam perpustakaan Mendeley. Saat membuka Ms. Word, tab References. Bila sudah menginstal Mendeley, akan muncul insert citation dengan logo Mendeley, klik. Kemudian, klik lagi Go To Mendeley.


Kita akan langsung masuk ke perpustakaan Mendeley yang telah kita buat.

Pada bagian kanan, bila salah satu file dipilih, akan keluar informasi mengenai artikel tersebut. Bila file yang dipilih merupakan literatur yang dibutuhkan, maka klik  Cite. Secara otomatis paragraf yang kita tulis dapat diketahui bersumber dari tulisan mana dan daftar pustakanya langsung berurutan sesuai dengan literatur awal yang digunakan.

Seperti gambar di atas tampilan daftar pustakanya.
Semoga bermanfaat.

0 komentar: