Cara Mendapatkan SKP IDI Gratis (3)



Sambungan tulisan sebelumnya menganai cara mendapatkan SKP IDI secara gratis. Pada tulisan sebelumnya, saya menuliskan mengenai Docquity dan Cermin Dunia Kedokteran (CDK). Pada tulisan ini saya membahas mengenai MIMS.  Kita juga bisa mendapatkan SKP IDI secara gratis di MIMS, bahkan saat ini lebih dari 20 artikel. Bila pada Docquity dan CDK, SKP yang ditawarkan dari 1 artikel 2 SKP, di MIMS, SKP yang ditawarkan bervariasi, mulai dari 2 sampai 5 SKP.
Artikel di MIMS online terdiri dari bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Teman-teman bisa klik link www.mims.com.  Cara mengikuti ujian online, tentunya harus mendaftar terlebih dahulu. Langkah-langkahnya:
1.      Pada bagian kanan atas terdapat Sign in

2.      Klik! Kemudian akan didapatkan tampilan seperti di bawah ini. Pilih mendaftar gratis

3.      Ikuti langkah langkahnya, pastikan data yang diisi benar, terutama NPA IDI

4.      Setelah semua tahap pendaftaran selesai, lakukan verifikasi melalui email. Setelahnya akan muncul email dari enquiry.id


5.      Pada tahap ini, teman-teman sudah dapat melakukan ujian online. Ada banyak artikel yang tersedia, tinggal pilih dengan mengklik artikel yang akan dikerjakan.


6.      Akan terdapat tampilan seperti berikut:

Kemudian, Click to take a course
7.      Akan muncul tampilan pertanyaan dan pilihan jawaban benar atau salah. Untuk melihat artikelnya, pilih select article, kemudian klik select the article to read. Secara otomatis, artikel akan terdownload. Jadi kita bisa baca kemudian mengerjakan soal. Setelah selesai 10 soal, klik submit.


Berikut contoh artikel yang telah didownload


8.      Setelah selesai, akan keluar hasilnya, apakah lulus atau gagal. Jumlah minimal lulus adalah 6/10 dari jumlah soal. Teman-teman hanya bisa satu kali ujian. Jadi bila gagal di satu course, kita tidak dapat lagi mengulangnya.
9.      Bila ingin melihat hasil, klik My CPD log, kita akan dapat informasi course yang lulus. Bila ingin mengetahui berapa SKP disetiap artikel, klik print atau email.


Pengalaman saya mengikuti ujian online di MIMS, kendala yang dihadapi adalah, saat telah terdaftar di MIMS, dan meng klik CME, saya tidak dapat mengikuti karena keanggotaan IDI tidak terverifikasi dan diminta untuk menghubungi pusdalin@idionline.org. Setelah melakukan semua tahap pendaftaran saya masih tidak bisa mengikuti CME online. Setelah berbalas email, akhirnya saya diarahkaan ke dr. Evaria dari MIMS e-learning team (terimakasih dr. Eva), dan ternyata kesalahan saya adalah saat menginput NPA IDI. Seharusnya hanya nomor setelah titik, karena nomor di depannya merupakan kode wilayah. Setelah memperbaiki melalui edit profil, saya bisa ikut ujian CME online dari MIMS. Bagi saya, ikut ujian online ini sangat membantu kita mendapatkan tambahan SKP IDI.
Semoga Bermanfaat.

4 comments:

  1. Wah Maturnuwun banget ya infonya..... Kalo pns ini masuk poin angka kredit yg mana ya? Makasih replynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas Dok, bisa masuk ranah pembelajaran yang membaca jurnal, Dok. Alhamdulillah, semooga bermanfaat Dok. Terima kasih kembali

      Delete
  2. kalo sudah selesai, gimana cara dapatkan sertifikat sbg bukti?
    karena tdk seperti kalbemed, hanya terdapat tabel saja bahwa kita sudah passed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada pilihan dikirim jumlah SKp yang kita dapatkan dikirim ke email Dok

      Delete